Berita Terbaru Manchester United mencetak kemenangan tipis pada laga pertemanan melawan klub asal Norwegia, Kristiansund BK. Selain itu, Tottenham Hotspur menang tipis atas Real Madrid pada ajang Audi Cup.

Masuk ujung bulan Juli, masing-masing kesebelasan Eropa ada dalam step akhir dalam soal persiapan mereka hadapi musim anyar. Dari sana, akan kelihatan apa sebagai kekuatan serta kelemahan mereka sebelum musim diawali.

Mengambil contoh United. Tour pramusim tahun ini memberikan unjuk jika mereka cukup siap untuk mengaplikasikan gaya main sesuai keinginan sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer. Bukan rahasia jika Solskjaer inginkan gaya main direct, berintensitas tinggi, lengkap dengan pressing ketat.

Oleh karena itu, jangan bingung jika beberapa pemain United memperoleh menu latihan spesial sepanjang pramusim. Marcus Rashford dkk. digodok lewat latihan yang mengutamakan pada kesehatan serta kemampuan fisik agar tahan lakoni permainan dengan intensif tinggi itu sepanjang 90 menit.

Selama ini hasilnya tokcer. Dari empat laga pramusim, United sukses mengumpulkan empat kemenangan. Rabu (31/7/2019) dini hari WIB, mereka mencetak kemenangan ke lima di pramusim dengan mengalahkan Kristiansund BK 1-0.

Buat Solskjaer, pertandingan ini punyai romantisme tertentu. Kristiansund BK ialah klub asal kota kelahirannya, Kristiansund. Walau dia belum pernah menguatkan club itu, anaknya, Noah (19 tahun), sekarang tengah menguatkan tim itu.

United, seperti halnya ketika mereka hadapi tim yang levelnya lebih rendah, tampil menguasai. Tetapi, kekurangan mereka masih kelihatan: Dominasi itu (khususnya dalam penguasaan bola) sering sulit mereka ubah menjadi gol.

‘Iblis Merah’ masih punya masalah. Operan-operan mereka masih sering “tanpa ada arti” hingga hanya memperbesar angka di statistik ball possession (United unggul 73% dalam soal ini). Diluar itu, penyelesaian akhir mereka seringkali jelek (dari keseluruhan 33 percobaan, cuma 12 yang tepat target).

Selanjutnya, United menang lewat sepakan penalti Juan Mata. Itu juga mereka temukan di menit akhir laga. So, walau catatan mereka prima pada tour pramusim, bukan bermakna Solskjaer tidak punyai PR benar-benar.

Madrid Kalah Dari Tottenham, MU Menang Dari Kritiansund BK
Fans cheer during the group A match between Russia and Saudi Arabia which opens the 2018 soccer World Cup at the Luzhniki stadium in Moscow, Russia, Thursday, June 14, 2018. (AP Photo/Felipe Dana)

Spurs Membuat Madrid Semakin Terpuruk, Bayern Pesta Gol
Di Jerman, kompetisi pramusim Audi Cup diwarnai dengan kemenangan tipis Tottenham Hotspur atas Real Madrid. Berlaga Allianz Ajang, Muenchen, Spurs menang lewat gol Harry Kane di menit ke-22.

Gol satu-satunya pada laga itu terbentuk karena blunder Marcelo. Backpass bek asal Brasil itu dipotong oleh Kane, yang selanjutnya menipu penjaga gawang Madrid, Keylor Navas, serta melepas tendangan dari pojok sempit.

Walau Spurs unggul dalam soal perebutan bola, mereka sebenarnya kesusahan untuk tembus pertahanan Madrid. Akhirnya, jumlahnya kesempatan yang mereka kreasikan termasuk dikit; cuma 15 eksperimen mereka hasilkan dengan 9 salah satunya pas target.

Madrid, di lain sisi, cukup agresif. Keseluruhan, ada 22 percobaan mereka bikin. Tetapi, penyelesaian akhir team garapan Zinedine Zidane ini termasuk buruk; cuma 2 percobaan yang pada akhirnya ke arah sasaran.

Los Blancos tidak pernah mencetak kemenangan (lewat laga 90 menit) sepanjang pramusim. Hanya satu catatan terbaik mereka ialah kemenangan lewat beradu penalti atas Arsenal. Sedang catatan terjelek mereka ialah kalah 3-7 dari lawan sekota, Atletico Madrid, 26 Juli yang lalu.

Selain itu, tuan rumah Audi Cup, Bayern Muenchen, berpesta gol ke gawang Fenerbahce. Die Roten menang telak 6-1 atas raksasa Turki itu melalui gol-gol yang diciptakan oleh Thomas Mueller (31′, 44′ pen, 58′), Leon Goretzka (28′), Kingsley Coman (40′), serta Renato Sanches (22′). Hanya satu gol Fenerbahce diciptakan oleh Max Kruse di menit ke-64.

Dengan demikian, Spurs akan berjumpa Bayern pada final Audi Cup, Kamis (1/8) dini hari WIB, sementara Madrid serta Fenerbahce merebutkan tempat ke-3, Rabu (31/7) malam WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *