Berita Terbaru Kamu pergi ke gym tentu untuk mendapatkan badan yang lebih sehat di samping untuk membuat badan jadi terlihat lebih menarik. Namun, sadarkah kamu bahwa gym pun sesungguhnya merupakan salah satu tempat favorit bakteri untuk berkembang biak dan dapat membuatmu justru jadi sakit?

Penyakit Yang Bisa Didapat Dari Tempat Gym

Jamur kuku
Penyebab paling umum jamur pada kuku kakimu adalah distal subungual onychomycosis. Biasanya, penyakit ini terjadi di area lantai ruang loker, ruang mandi, sampai permukaan basah dekat kolam renang.

Gejala yang dialami antara lain adalah perubahan tekstur pada kuku jari kakimu. Selain jadi lebih tebal dan rapu, kuku jarimu juga bisa berubah warna jadi kuning. Umumnya, jamur ini akan benar-benar hilang sampai tiga minggu setelah menggunakan bedak antijamur dan obat-obatan lainnya yang disarankan dokter kulit.

Kutu air
Dermatologis Ross Radusky dari SoHo Skin & Laser Dermatology PC mengatakan bahwa infeksi ini bisa kamu dapat dari kontak antarkulit maupun dengan permukaan yang basah seperti ruang mandi di gym dan kolam renang. Kalau terkena kutu air ini, kamu biasanya akan mendapat keluhan rasa gatal dan ruam merah mirip kurap yang seringnya ada di bagian sela-sela jari kaki pinggir telapak kaki.

Untuk pencegahan, dr. Radusky menyarankan untuk selalu menggunakan sepatu atau sandal dan memastikan kaki selalu kering. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bedak antijamur sebelum dan setelah latihan. Sementara itu untuk pengobatan, kamu bisa menghilangkannya dengan krim dan bedak antijamur atau terapi lebih lanjut bila kondisinya parah.

Kutu
Serangga yang satu ini dapat menyerang area rambut kepala, genital, dan bagian tubuh lainnya. Bahkan, mengingat kutu menyerang di bagian yang berambut, kamu juga bisa menemukannya di rambut halus pada dada, ketiak, bulu mata, dan jenggot sehingga terasa begitu gatal. Penyebaran ini pun terjadi karena kontak langsung seperti pada handuk, topi, baju, sikat, dan lain-lain.

Karena itu, paling tidak kamu bisa mengelap dulu dudukan atau bagian pegangan alat yang akan digunakan. Hindari berbagi handuk, baju, topi, dan sikat dengan orang lain dan simpan peralatan seperti sikat dan pencukur di wadah kedap udara. Bila terlanjur terserang, kamu bisa menggunakan permethrin 1 persen (Nix) atau pytherins dengan piperonyl butoxide.

Kulit plantar
Infeksi ini merupakan tipe HPV. Gejalanya adalah ditemukannya benjolan seperti kembang kol yang berisi titik-titik hitam kecil di dalamnya. Dijelaskan dr. Radusky, kondisi ini sebetulnya adalah virus yang menyerang pembuluh darah dan menyerap nutrisi dari sana.

Perawatan di rumah yang bisa kamu lakukan adalah merendam kaki terlebih dahulu selama sekitar 10 menit dan gunakan batu apung untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sebelum mengoleskan larutan OTC salicyclic acid di malam hari. Lalu di pagi hari, gunakan perban untuk membebat vaseline yang sudah diaplikasikan. Bila ingin perawatan yang lebih definitif, kamu bisa mengunjungi dermatologis untuk melakukan konsultasi, terapi, maupun penggunaan obat-obatan yang dianjurkan.

Kurap di selangkangan
Disebut juga dengan ‘tinea crusis’, infeksi jamur yang satu ini menyerang di area kemaluanmu. Bahkan pada wanita, kurap ini juga bisa menyerang di bagian bawah dada. Adapun penyebabnya sebagaimana yang disampaikan dr. Radusky adalah karena terjadinya friksi dan kelembapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *