Berita Terbaru Kamboja selalu menyajikan beragam hidangan lezat dengan menggunakan lebih banyak bumbu dan sedikit rempah-rempah. Nah, buat kamu yang memang lagi liburan di Kamboja, kamu harus coba nih hidangan sehat dari negeri Kekaisaran Khmer ini. Berikut adalah beberapa hidangan untuk membangkitkan selera kamu.

Jenis-Jenis Makanan Khas Kamboja Yang Sehat Untuk Tubuhmu Lho!

Green mango salad
Hidangan yang memiliki rasa segar yang luar biasa ini dibuat dari irisan buah mangga dengan campuran jus jeruk nipis, saus ikan dan gula atau gula aren dan hidangan ini sama sekali tidak memiliki rasa pedas. Salad ini juga terkadang memiliki variasi yaitu dicampur dengan makanan laut seperti ikan asap, cumi-cumi atau ikan bakar.

Fish amok
Secara tradisional, hidangan ini disajikan dalam daun pisang, namun jika memang tidak memiliki daun pisang, masyarakat bisa menggantinya dengan kertas roti. Fish amok adalah hidangan kari tradisional Kamboja yang terbuat dari serai, cabai, santan dan daun amuk yang nantinya hidangan ini akan dikukus dalam daun pisang.

Nhoim troyong chiek
Nhoim Troyong Chiek atau salad bunga pisang adalah salad Khmer yang lezat yang bahan utamanya dari bunga pisang. Salad ini disajikan dengan irisan bunga pisang, wortel, bawang, lemon dan potongan kacang dengan beberapa bumbu khusus. Rasa yang kamu dapatkan dari salad ini adalah renyah, manis, asam, pedas dan asin serta sering disajikan dengan daging babi atau ayam.

Kuy teav
Kuy teav adalah makanan popular di Kamboja yang terbuat dari tulang babi atau sapi, bihun, kaldu serta bawang merah goreng, tauge dan bumbu aromatik. Untuk mendapatkan makanan ini,kamu nggak perlu susah-susah untuk mencarinya karena kamu pasti akan menemukan di banyak warung pinggir jalan serta restoran. Kuy teav juga disajikan dengan bumbu yang akan ditambahkan sesuai dengan keinginan kamu.

Lort cha
Lort cha adalah mi pendek yang menjadi favorit bagi penduduk setempat dan wisatawan. Lort cha adalah jenis mi beras pendek yang terbuat dari tepung dan air dan banyak dijual di pasar-pasar lokal. Mi ini dihidangkan dengan cari digoreng dengan sayuran cincang seperti brokoli, tauge, daun bawang, dan bawang hijau.

Prahok
Prahok merupakan pasta ikan yang dihancurkan, diasinkan dan difermentasi. Dengan bumbunya yang menyengat, hidangan ini juga mendapatkan julukan keju Kamboja. Karena rasa asin dan rasanya yang kuat, prahok sering disajikan sebagai makanan tambahan dalam masakan Kamboja seperti sup dan saus.

Nom banh chok
Hidangan popular Nom banh chok terbuat dari mi beras tipis, daun pisang parut, kacang polong, mentimun, mint dan kemangi, dengan kari ikan hijau. Wah rasanya gurih dan beraroma kayaknya.

Jika kamu berencana berlibur ke Kamboja, wajib banget cobain setidaknya satu di antara makanan di atas. Selain mengenyangkan tentu saja juga menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *