Berita Terbaru Manuver tim-tim Eropa yang terjebak di Liga Champions serta Liga Europa musim 2019/20 pada jendela transfer musim panas ini demikian ramai. Per laporan UEFA yang dikeluarkan pada Kamis (12/9/2019), tertera 80 tim yang terlibat di Liga Champions serta Liga Europa musim ini keseluruhan mengeluarkan uang 3,98 miliar dolar AS selama jendela transfer musim panas yang ditutup pada 2 September.

Menariknya, 64% dari dana itu adalah pembelian pemain berumur 24 tahun atau di bawahnya. Angka itu demikian kontras bila melihat data transfer pemain berumur 28 tahun atau lebih yang hanya menyentuh 7%.


“Laporan ini menyorot 80 klub yang akan mengambil bagian dalam babak group kompetisi klub Eropa 2019/2020. Laporan ini membandingkan serta menunjukkan gerakan tim-tim itu dan melihat tren global,” kata Managing Director of Financial Sustainability & Research UEFA, Andrea Traverso.

Klub Eropa Papan Atas Lebih Tertarik Dengan Pemain Muda


Transfer musim panas Eropa kesempatan ini memang beragam, tidak hanya beberapa nama terkenal serta berpengalaman macam Antoine Griezmann atau Romelu Lukaku yang dibeli pada harga fantastis. Mengambil contoh beberapa tim macam Arsenal serta Atletico Madrid berani mengucurkan dana segar berlimpah untuk beberapa pemain muda berpotensi.


Misalnya transfer Joao Felix dari Benfica ke Atletico Madrid dengan biaya diperkirakan sampai 126 juta euro. Ada juga Nicolas Pepe, pemain berumur 24 tahun itu dibeli Arsenal dari Lille pada harga 72 poundsterling. Keberanian Los Rojiblancos serta The Gunners memberikan dana berlimpah untuk pemain muda berarti tidak mencengangkan bila melihat tren dari data yang dirilis oleh UEFA.

Keadaan itu menurut UEFA sesuai dengan program beberapa tim di luar enam liga teratas Eropa seperti di Swiss, Portugal, Belanda, yang membeli atau membina pemain muda untuk di jual ke klub besar pada harga selangit. Felix cuma satu diantara contoh pemain binaan sebagai lahan untung buat klub. Ada juga dua pemain Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong serta Matthijs de Light, yang dibawa pada harga tinggi oleh Barcelona serta Juventus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *