Berita Terbaru Ibu hamil ingin makan atau ngidam beberapa macam, memang biasa. Menurut beberapa ahli, seputar 76-90% wanita hamil memang alami ini. Ngidamnya juga, dapat berbagai macam. Dari mulai makanan tertentu, buah, jajanan sampai permen karet!

Bicara masalah permen karet, ada pula ibu hamil yang ingin mengkonsumsinya bukan lantaran ngidam tetapi sebab rutinitas. Mengunyah permen karet memang adalah rutinitas yang banyak dilakukan orang. Apa Anda terhitung diantaranya?

Tetapi masalah mengunyah permet karet bisa saja benar-benar berbeda waktu hamil. Karena, beberapa wanita hamil yang mengaku kunyah permen karet dapat menangani atau paling tidak kurangi mual pada pagi hari (morning sickness). Walau demikian, mengingat permen karet bukan makanan alami banyak ibu hamil yang cemas mengkonsumsinya.

Dampak Mengkonsumsi Permen Karet Buat Ibu Hamil

Sebetulnya apa mengunyah permen karet aman selama saat kehamilan?
Mencuplik situs resmi American Pregnancy Assosiastion, biasanya kunyah permen karet kadang-kadang waktu hamil tidak beresiko. Walau demikian, aman-tidaknya dengan tentu bisa beragam dari masalah per masalah. Contohnya bila ibu hamil mempunyai komplikasi atau peluang persalinan beresiko. Atau bila Anda jalankan diet tersendiri yang jaga supaya kalori Anda dibawah kontrol atau kandungan gula minimal hingga semestinya tidak makan permen karet. Juga bisa, disaksikan dari jenis atau kandungan permen karetnya.

Pasalnya permen karet dibuat dengan artifisial. Berarti jelas memiliki kandungan bahan kimia atau bahan sintetis yang membuat strukturnya. Macam rasa permen dibikin dengan artifisial, warnanya bikinan, serta faktor penting untuk rasa berasal dari zat pemanis kimia atau sirup jagung yang pasti tidak sehat.

Di lain sisi, kunyah permen karet dapat juga memberikan ibu manfaat lho! Apa misalnya?
Yang pertama berkaitan menahan kemauan makan yang terlalu berlebih. Contohnya bila Anda disuruh lakukan diet untuk mengatur berat tubuh yang makin bertambah begitu cepat waktu hamil. Mengapa bisa? Sebab tindakan sederhana mengunyah suatu bisa menipu tubuh untuk merasa jika konsumsi makanan sedang terjadi serta kurangi atau menunda kemauan makan Anda.

Ke-2, untuk kurangi mual jika permen karet dibikin dengan stevia atau pemanis alami rendah kalori yang bisa jadi alternatif gula. Stevia dengan cara langsung berkaitan dengan kurangi perasaan tidak nyaman, memberikan rasa lega serta aromanya kurangi mual Anda.

Ke-3, untuk tangani mulas berulang-ulang pada ibu hamil. Dengan mengunyah permen karet, produksi air liur di mulut bertambah, yang masuk ke lambung serta menolong dalam menantang tersisa asam lambung.

Tentunya semua masih ada batasnya. Jangan kunyah permen karet terlalu berlebih! Karena aksi kunyah yang terus menerus bisa lemahkan otot-otot tulang riskan mulut yang ada membuat perlindungan rahang dari semua benturan.

Tidak itu saja, kandungan artifisial dalam permen karet dapat mengakibatkan permasalahan gigi sampai iritasi sepanjang kehamilan. Pada sebagian orang yang alami fenilketonuria (kelainan genetika langka yang telah ada semenjak lahir), zat kimia aspartam di permen karet bisa dengan cara langsung merubah janin serta bawa semakin banyak bahaya.

Ibu hamil perlu siaga betul dengan pemanis di permen karet. Pemanis bikinan type sorbitol tidak baik untuk kesehatan usus serta didapati bisa merubah sampai menganggu perkembangan janin! Sementara permen karen yang memiliki kandungan sucralose dapat mengakibatkan dampak berbahaya terkait diabetes. Jadi baca dengan teliti kandungannya sebelum beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *