Berita Terbaru Nikmat rasanya minum satu cangkir teh hangat pada pagi hari. Tetapi tahukah Anda jika dalam satu cangkir teh hangat Anda tidak cuma berisi air hangat, gula, serta kantung teh celup saja?Menurut periset di McGill University di Kanada dalam satu cangkir teh celup Anda memiliki kandungan miliaran plastik mikroplastik.

Kantung teh diklaim menebarkan serpihan mikroplastik ke air. Riset itu menganalisis dampak mencelupkan empat teh celup komersial ke air mendidih.Mereka menemukan jika satu kantung teh dapat melepas sekitar 11,6 miliar partikel mikroplastik, 3,1 miliar partikel nanoplastik ke gelas atau cangkir. Jumlahnya ini ribuan kali lebih tinggi dibanding dengan jumlahnya mikroplastik yang diketemukan di makanan atau minuman yang lain.Seperti Hostcoremedia mengambil dari beberapa sumber, tim periset mengeluarkan teh dari dalam kantung pembungkus untuk mencegahnya mengganggu hasil riset. Banyak produsen teh memakai polypropylene untuk membungkus tehnya.

Fakta Mengenai Kantung Teh, Berbahayakah Untuk Kesehatan?

Setelah dilepaskan dari kantung, teh ini selanjutnya di rebus di air untuk mensimulasikan proses pembuatan teh.Periset menemukan mikroplastik dalam beberapa makanan, tetapi masih dikit riset yang mengulas apa mikroplastik dapat masuk ke air waktu menyeduh teh serta minuman panas yang lain.Dalam riset terpisah, manusia makan rata-rata lima gr plastik tiap minggunya. Ini sama dengan berat kartu kredit.Namun,dampak kesehatan dari minum teh bermikroplastik ini belum diketahui. Dalam penjelasan awal, WHO menjelaskan waktu itu mikroplastik belum memunculkan efek kesehatan.Tetapi ini tentu saja masih perlu informasi serta riset lanjutan.

“Kami butuh tahu semakin banyak mengenai dampak kesehatan dari mikroplastik sebab mereka ada dimana saja terhitung di air minum kami,” kata Maria Neira, direktur departemen kesehatan masyarakat lingkungan serta penentu sosial kesehatan di WHO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *