Berita Terbaru Kunyit dapat disebut jadi satu diantara bumbu sangat penting di dunia. Bumbu ini memperkaya rasa serta menambah warna buat bermacam masakan umat manusia. Bahkan, bumbu ini miliki potensi menangani beberapa permasalahan kesehatan.Tetapi, satu analisa paling baru ungkap hal mengerikan atas kunyit produksi di Bangladesh. Tim periset temukan jika banyak produsen kunyit di Bangladesh memakai timbal untuk membuat kunyit mereka mempunyai warna kuning yang lebih cerah.

Sebagaimana hal ini disibak tim periset dari Stanford University, Amerika Serikat. Penemuan mereka itu akan diterbitkan dalam di jurnal Environmental Research pada Desember 2019 kelak.Beberapa periset menyebutkan, mereka tahu ini dalam satu wawancara dengan penjual serta petani ditempat.Dari sana, team periset tahu jika satu banjir yang berlangsung pada tahun 1980-an mengakibatkan kunyit yang dibuat dalam kualitas jelek, serta warnanya tidak secerah umumnya.

Kunyit Di Bangladesh Berbahaya ?

Sampai demikian hal itu membuat produsen mencari langkah supaya produk kunyit mereka masih jual. Seperti yag disangka bila mereka pada akhirnya memakai timbal yang tingkatkan warna kuning dari akar kunyit.Praktik ini, kata tim periset, terus dilakukan sampai saat ini. Selanjutnya mereka lalu menganalisa 524 sampel kunyit, dari mulai pigmen, debuh, sampai tanah di Bangladesh. Ilmuwan menemukan terdapatnya konsentrasi timbal yang melalui ujung nasional sampai 500 kali lipat dengan rata-rata sampai 690 mikrogram timbal per gr kunyit. Perlu untuk diketahui jika timbal dapat mengakibatkan masalah kesehatan, bila masuk ke suplai makanan manusia. Banyak analisa menjelaskan, beberapa anak yang mengonsumsi timbal mengalami penurunan kemampuan kognitif.

“Tidak seperti metal yang lain, tidak ada batas mengonsumsi yang aman buat timbal. Ia ialah toksin,” tutur satu diantara anggota analisa, Stephen Luby, dikutip IFL Science.

Analisa ini tidak mempelajari kehadiran timbal pada produk kunyit di luar Bangladesh. Beberapa periset menjelaskan, susah untuk mengetahui berapakah banyak produk kunyit seperti ini yang berada di dunia. Mereka merekomendasikan supaya dilakukan pemeriksaan pada semua produk kunyit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *