Berita Terbaru Walau pada akhirnya merasakan kemenangan akhir minggu lalu, AC Milan masih memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Marco Giampaolo. Mantan pelatih Sampdoria itu resmi meninggalkan San Siro, seperti yang dipublikasikan faksi klub melalui situs resmi, Selasa (8/10/2019) pukul 12.45 WIB.

“AC Milan menginformasikan telah membebastugaskan Marco Giampaolo dari posisinya sebagai pelatih Tim Utama. Klub mengucapkan terima kasih pada Giampaolo untuk pekerjaan yang telah dilakukan sampai kini. Klub mengucapkan mudah-mudahan yang terbaik untuk karier Giampaolo yang akan datang,” jelas faksi klub lewat situs resmi Milan.Semenjak Milan memecat Massimiliano Allegri, Giampaolo jadi pelatih ke-7 yang gagal bawa klub untuk berprestasi. Datang di awal musim ini untuk menggantikan Gennaro Gattuso yang mengundurkan diri, Giampaolo sejatinya dikontrak sepanjang dua tahun.

Tetapi, bekas pelatih Sampdoria itu tidak berhasil memberikan hasil memberi kepuasan buat Milan, mengingat sekarang Krystof Piatek serta mitra terdampar di tempat ke-13 klassemen. Tidak cuma ada di papan bawah, Milan cuma terpaut tiga point dari zona degradasi.Cuma menang tiga kali, menelan empat kekalahan, kebobolan sembilan, serta cuma cetak enam gol di tujuh laga memastikan I Rossoneri melakoni salah satu start terburuk selama klub berdiri.

Mengenai beberapa calon pengganti telah mengantri. Andriy Shevchenko sebelumnya sempat diberitakan dikontak Milan, tetapi tidak ada kelanjutannya. Selanjutnya Luciano Spalletti serta Stefano Pioli jadi dua nama yang muncul. Tetapi, nama ke dua jadi yang paling kuat dihubungkan dengan raksasa kota Milan itu. Pergi dari pemecatan Marco Giampaolo itu, ada setidaknya lima catatan memalukan yang ditorehkan sang manager. Berikut beberapa catatan itu :

Resmi Dipecat, Bagaimana Hasil Kerja Giampaolo Pada AC Milan ?

Pelatih pertama yang dipecat di tujuh laga pertama
Pemecatan Marco Giampaolo oleh Milan nyatanya jadi yang tercepat selama riwayat klub. Sebelumnya, ‘Il Diavolo Rosso’ tidak pernah menghentikan pelatih yang baru mainkan tujuh pertandingan awal di Serie A.Bukan tanpa ada fakta memang. Pada tujuh pertandingan, bekas pelatih Sampdoria itu menyedihkan dengan bawa Milan terdampar di tempat ke-13 klassemen. Keseluruhan Milan Cuma menang 3x, menelan empat kekalahan, kecolongan sembilan, serta cuma cetak enam gol di tujuh laga.

Giampaolo jadi pelatih ke lima yang tidak sampai 10 pertandingan
Pemecatan Giampaolo membuat dianya jadi manager Milan ke lima selama riwayat yang melatih dibawah 10 laga. Seperti yang diketahui, pelatih berumur 52 tahun itu cuma memainkan tujuh laga bersama dengan I Rossoneri.Mengenai pelatih lain yang hanya melatih dibawah 10 pertandingan yakni Arrigo Morselli (sembilan pertandingan, September sampai November 1953), Cristian Brocchi (tujuh pertandingan, April sampai Mei 2016), Bruno Arcari (enam pertandingan, Mei sampai Juni 1956), serta Paolo Barison (lima pertandingan, Juni 1976).

Kekalahan terbanyak Milan di enam pertandingan awal
Giampaolo selanjutnya jadi pelatih pertama AC Milan yang mencatatkan empat kekalahan di enam pertandingan awal Serie A. Catatan itu adalah yang terburuk buat Milan dalam 37 tahun terakhir, semenjak Italo Galbiati 1982 yang lalu..Giampaolo menelan kekalahn di pertandingan kontra Udinese, Inter, Torino, serta Fiorentina. Tiga kekalahan terakhir juga diraih dengan beruntun, pertama kali dirasakan Milan semenjak terakhir waktu dilatih Vincenzo Montella 2017 yang lalu.

Rata-rata point Giampaolo terendah ke-2 di Serie A
Dari keseluruhnya pelatih yang telah mainkan 100 pertandingan atau lebih di persaingan kelas tertinggi Liga Italia itu, rata-rata poin Giampaolo terendah kedua. Memainkan 315 pertandingan di Serie A, Giampaolo cuma mencatat 1,17 rata-rata point per pertandingan.Cuma satu pelatih yang mencatat rekor lebih buruk, yakni Rolando Maran yang sekarang menggarap Cagliari dengan rata-rata 1,15 poin dari 246 laga. Mengenai Sinisa Mihajlovic, bekas pelatih Milan, mengejar di posisi ketiga dengan rata-rata 1,4 poin.

Pelatih kedua yang dikeluarkan Serie A sesudah tujuh pertandingan pertama
Giampaolo jadi pelatih kedua selama riwayat Serie A yang perlu dikeluarkan saat musim baru menjalankan laga ke-7. Catatan itu memecahkan rekor yang sebelumnya digenggam Giuseppe Iachini bersama dengan Udinese musim 2016/17 yang dikeluarkan dalam delapan pertandingan. Sebelum Giampaolo, pelatih lain yang terlebih dulu dipecat sesudah cuma tujuh laga ialah Eusebio Di Francesco. Menariknya, Eusebio adalah pelatih alternatif Giampaolo di Sampdoria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *