Berita Terbaru Ada beberapa hal yang berubah waktu hamil. Dari mulai bentuk badan, mood, rutinitas, pola hidup bahkan juga keadaan kesehatannya. Beberapa penyakit cenderung lebih baik saat ibu sedang hamil. Begitupun sebaliknya, ada penyakit yang malah lebih buruk waktu hamil.


Bagaimana dengan ibu hamil pasien cystic fibrosis? Penyakit itu adalah penyakit genetik yang mengakibatkan lendir di badan jadi kental serta lengket hingga menutup beberapa aliran khususnya aliran pencernaan serta pernafasan. Seberapa besar pengaruhnya pada kehamilan, ya?


Heidi Murkoff, pakar di bidang kehamilan serta pengasuhan dalam situs What to Expect menerangkan jika pada umumnya penyakit cystic fibrosis tidak mempunyai dampak negatif pada ibu hamil. Sebagai pasien, Anda mungkin telah terbiasa kerja keras untuk mengatasinya. Walau tantangan-tantangan itu sedikit akan meningkat saat hamil, Heidi menjelaskan ada banyak cara yang bisa Anda serta dokter lakukan untuk membantu kehamilan berjalan lancar walaupun menanggung derita penyakit itu.

Seputar Mengenai Penyakit Cystic Fibrosis


Rintangan pertama untuk Anda ialah sampai berat tubuh yang cukup. Rajin konsultasi dengan dokter untuk pastikan berat tubuh Anda terus naik ialah hal yang penting. Ini sebab pasien cystic fibrosis condong mempunyai berat badan yang rendah. Pakar gizi bisa menjadi orang yang bertindak dalam tim kehamilan Anda. Anda semakin lebih seringkali jalani kontrol kehamilan dibanding ibu hamil biasanya.


Ibu hamil dengan cystic fibrosis beresiko melahirkan prematur, hingga dokter umumnya merekomendasikan supaya Anda kurangi kegiatan seharian. Rawat inap di rumah sakit dengan periodik mungkin dibutuhkan.


Konseling genetis bisa memastikan apa bayi Anda beresiko lahir dengan cystic fibrosis ataukah tidak. Jika suami Anda bukan pembawa cystic fibrosis, kesempatan bayi Anda akan menanggung derita penyakit ini benar-benar kecil, walau dia bisa menjadi pembawa. Jika pasangan Anda ialah pembawa, kesempatan bayi Anda menanggung derita masalah ini ialah seputar 50 %. Pengecekan sebelum kehamilan bisa memastikan kesempatan itu.


Dokter akan memperhatikan kerja paru Anda dengan seksama, khususnya saat perkembangan rahim Anda cuma tersisa dikit ruangan buat paru-paru untuk mengembang. Anda pun akan diawasi berkala dengan infeksi paru-paru. Beberapa wanita pasien penyakit paru-paru berat kemungkinan merasakan kondisi kesehatan mereka lebih buruk saat hamil, walau hal tersebut cuma sementara.


Jadi, jangan cemas ya. Kehamilan mungkin memang tidak gampang ditempuh oleh ibu hamil pasien cystic fibrosis. Tetapi, hal tersebut dapat ditangani bila Anda berupaya serta teratur memeriksakan keadaan kehamilan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *