Berita Terbaru Kita semua tahu bagaimana bau badan dapat membuat ilfil diri sendiri maupun orang lain. Jelas nggak mau dong penampilanmu udah kece badai, eh malah rusak hanya gara-gara bau badan.

Memang ada beberapa orang yang dapat melalui keseharian tanpa bau badan meski ia tak menggunakan apapun. Namun lebih banyak orang yang harus berjuang melawan bau badan, apalagi setelah seharian beraktivitas dan hanya sempat mandi di pagi hari.

Beberapa life hacks ini akan membantumu melewati hari tanpa perlu menyumbat hidung karena bau yang berasal dari badanmu. Berikut Hostcoremedia merangkum dari berbagai sumber yaitu :

Kiat-Kiat Agar Terhindar Dari Bau Badan

Gunakan deodorant yang tepat
Deodorant adalah benda wajib yang harus dimiliki dan dipakai oleh mereka yang memiliki bau badan. Namun tak semua deodorant cocok untuk seseorang lho! Bahkan jika deodorant yang kamu pakai tak sesuai, yang ada bau tubuhmu akan bercampur dan akhirnya malah menambah bau tidak sedap dari tubuhmu.

Kamu juga harus menyeleksi deodorant berdasar berapa lama ketahanan deodorant tersebut melindungi kita dari bau badan. Karena ada pula deodorant yang hanya bertahan selama setengah hari, periksa juga apakah kamu cocok dengan kandungan dalam deodorant tersebut. Jangan sampai kamu terkena iritasi ya!

Semprot sepatu menggunakan isopropil alkohol
Masalah bau badan tak hanya sekadar berasal dari ketiak. Sebagian besar orang juga mengalami bau kaki. Dan kebanyakan bau kaki ini disebabkan karena penggunaan sepatu yang tertutup sehingga kaki mudah berkeringat.

Dan jika kamu mengalami bau kaki, life hacks yang dapat kamu terapkan adalah dengan menyemprot sepatumu menggunakan isopropil alcohol di malam hari. Alkohol ini sangat mudah mengering sehingga kamu tak perlu khawatir sepatumu basah keesokan harinya.

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah pastikan menggunakan kaus kaki sebelum mengenakan sepatu yang telah di semprot alkohol. Hal ini karena alkohol dapat membuat kulitmu menjadi sangat kering dan bisa iritasi sehingga jangan pernah menyemprotkannya langsung pada kakimu.Pastikan sepatu benar-benar kering dan kamu memakai kaus kaki ya.

Pemilihan kain yang tepat
Memilih bahan dasar kain yang menjadi pakaianmu juga berpengaruh lho! Dalam sebuah studi ditemukan bahwa kain yang berasal dari serat buatan manusia seperti polyester dan spandex adalah surganya bagi para bakteri. Bakteri dapat berkembang biak dengan mudah di kain yang bukan berasal dari serat alami.

Namun bukan berarti kamu tak dapat menggunakannya sebagai bahan pakaianmu ya. Hanya saja baju dengan bahan tersebut akan lebih cepat bau dan kamu harus sering mencucinya dibandingkan dengan baju yang berasal dari kain berbahan dasar serat alami seperi katun, linen, atau wol.

Tambahkan baking soda saat mencuci pakaian
Jika kamu merasa bajumu cepat bau padahal itu adalah baju baru yang kamu ambil dari lemari, mungkin penyebabnya adalah sisa-sisa deodorant yang menempel di bagian ketiak baju. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menambahkan baking soda saat kamu mencuci.

Rendam baju secara terbalik dalam air yang dicampur dengan baking soda. Hal ini akan membantu melepaskan keringat dan bekas deodorant dari baju. Selain itu membalik baju juga dapat membuat warna bajumu bertahan lebih lama dan tidak cepat kusam.

Pelembut kain yang salah
Pernah merasa bau tidak enak yang terjadi karena campuran antara keharuman pelembut pakaian dan bau badan yang akhirnya malah menjadi bau yang tidak sedap? Jika kamu pernah mengalaminya, maka yang harus kamu lakukan adalah mengganti pelembut pakaianmu.

Ada beberapa pelembut pakaian yang malah menyumbat pori-pori kain sehingga kamu tidak mendapatkan udara segar. Dan akhirnya para bakteri akan bertumpuk dan menyebabkan bau tak sedap. Selain itu pelembut yang tidak tepat dapat membuatmu iritasi lho.

Perhatikan apa yang kamu makan
Makanan yang kamu makan akan menjadi sumber energi dan sisanya akan dibuang melalui keringatmu. Jadi apa yang kamu makan tak hanya mempengaruhi bau mulutmu, namun secara langsung juga akan mempengaruhi bau keringatmu. Jadi perhatikan apa yang kamu makan, lewati atau bahkan hindari jenis makanan yang dapat membuat tubuhmu mengeluarkan bau tak sedap.

Bawa pakaian ganti
Setelah berpanas-panasan dan berdesak-desakan saat akan berangkat kerja, pastinya bajumu akan berbau seperti asap dan campuran bau tak sedap lainnya. Menyediakan pakaian ganti adalah salah satu cara agar kamu dapat bekerja dan beraktivitas dengan nyaman tanpa khawatir seseorang terganggu dengan bau badanmu.

Meskipun sedikit ribet, namun cara ini juga patut kamu coba lho! Karena dengan menerapkannya, orang-orang tak akan mengerutkan hidung ataupun menutup hidungnya saat berada di dekatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *