Berita Terbaru Waktu kita bicara masalah waktu olahraga, ada dua pilihan yang menarik; olahraga pagi atau malam. Kamu sendiri lebih pilih yang mana nih?Belakangan ini ada sebuah riset yang mengukuhkan jika olahraga pagi lebih baik. Nah, riset ini menyambungkan sarapan serta olahraga; pasti untuk hasil yang terbaik buat badan. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dari Kampus Bath serta Birmingham temukan jika dengan mengubah waktu makan pagi serta olahraga, satu orang bisa lebih mengatur kandungan gula darahnya.

Riset ini dilakukan pada 30 laki-laki, sempat diperpanjang sampai satu setengah bulan. Mereka diklasifikasikan jadi orang yang obesitas atau kelebihan berat badan. Mereka dibagi jadi dua barisan interferensi, yang makan sarapan sebelum atau sesudah olahraga; serta kelompok yang tidak melakukan perubahan hidup. Javier Gonzalez dari University of Bath mengutarakan jika dalam riset itu, lelaki yang olahraga sebelum sarapan membakar dua kali lipat jumlah lemak; dibanding kelompok yang berolahraga setelah itu.

Khasiat Olahraga Sebelum Sarapan

“Hasil kami memperlihatkan jika mengubah waktu saat Anda makan dalam kaitannya dengan berolahraga bisa membawa perubahan besar serta positif buat kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata Gonzalez, seperti diambil dari Times of India.

Beberapa periset mencari tahu efek olahraga sebelum atau sesudah makan pada penyimpanan lemak pada otot. Mereka ingin melihat dampak perilaku ini pada tanggapan insulin pada makanan.Dalam eksperimen ini, tim periset menemukan jika otot-otot dari barisan yang olahraga sebelum sarapan lebih responsif pada insulin dibanding mereka yang olahraga sesudah sarapan.

Protein utama pada otot-otot mereka yang olahraga sebelum sarapan alami penambahan; terutamanya protein yang terjebak dalam pengangkutan glukosa dari saluran darah ke otot.Beberapa periset mengutamakan, saat orang berpuasa semalaman, tingkat insulinnya bertambah rendah. Karena itu saat mereka olahraga, ada penambahan pemakaian lemak. Lemak yang dipakai sebagai bahan bakar lebih beberapa dari jaringan lemak dan lemak yang ada pada otot.

Meskipun menunjukkan dampak positif karena tubuh jadi lebih baik menanggapi insulin, riset ini tidak menunjukkan penurunan berat badan yang relevan. Tetapi, dengan berkelanjutan, olahraga sebelum sarapan dapat menjaga kandungan gula darah hingga berpotensi menurunkan risiko diabetes serta penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *