Berita Terbaru Ibu hamil butuh konsumsi minuman dan makanan memiliki nutrisi tinggi, ditambah lagi pada trimester pertama kehamilan. Karena, di waktu itu, janin sedang berkembang serta perlu konsumsi yang penting untuk mendukung pertumbuhannya. Tiap minuman dan makanan yang Anda mengonsumsi akan didapatkan bayi lewat plasenta. Walau demikian, tidak semua makanan aman untuk ibu hamil. Ada banyak jenis makanan yang semestinya malah dijauhi, dikurangi atau diproses secara benar waktu hamil. Tetapi apa sajakah? Dikutip Pregnancy Magazine, berikut beberapa macam makanan yang semestinya dijauhi pada trimester pertama kehamilan:

Makanan-Makanan "Haram" Untuk Trimester Pertama Kehamilan

Daging yang belum masak
Moms, jauhi olahan daging atau unggas yang masih mentah atau cuma diproses 1/2 masak. Daging yang tidak diproses dengan prima di kuatirkan memiliki kandungan infeksi parasit yaitu toksoplasmosis. Biasanya parasit itu diketemukan pada daging, tanah, kotoran serta air tercemar yang di kuatirkan dapat membahayakan janin.American Pregnancy pun tidak merekomendasikan ibu hamil konsumsi daging berbentuk lembaran atau deli meat bila belum masak prima. Hal tersebut karena, daging jenis itu rawan terkontaminasi bakteria listeria yang umumnya diketemukan di air serta kotoran. Selanjutnya menurut U.S. Centers for Disease Control, listeria dapat tembus plasenta serta menginfeksi janin.Tetapi bukan bermakna Anda tidak bisa konsumsi daging lembaran atau deli meat, Moms. Sah-sah saja Anda mengkonsumsinya, tetapi yakinkan masak sampai betul-betul masak ya.

Seafood
Seafood jadi salah satunya makanan yang semestinya dijauhi ibu hamil. Tetapi, cuma untuk ikan tersendiri yang memiliki kandungan kandungan merkuri tinggi, seperti ikan kembung, kerang mentah, ikan todak, terhitung sushi mentah serta sashimi, Moms.Konsumsi makanan laut yang masih mentah bisa menyebabkan janin di rahim alami keterlambatan perubahan dan kehancuran otak. Jadi, yakinkan Anda konsumsi ikan yang masak serta tidak memiliki kandungan merkuri dalam jumlahnya tinggi.

Makanan Pedas
Sebetulnya saat hamil, Anda sah-sah saja untuk konsumsi makanan pedas. Tetapi yang perlu diingat ialah jangan pernah Anda merasakan kepedasan sampai membuat perut merasakan mulas atau diare. Tidak itu saja, walau morning sickness pada trimester pertama kehamilan termasuk lumrah, tetapi jika Anda konsumsi makanan pedas karena itu rasa mual, sakit perut serta muntah pada pagi hari akan makin kronis.

Keju
Ada banyak keju lunak yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti keju brie, camembert serta chevre. Diluar itu, keju biru Denmark atau gorgonzola semestinya tidak dikonsumsi, sebab keju itu dibikin dengan jamur yang memiliki kandungan listeria. Walau infeksi listeria atau listeriosis jarang ada, tetapi lebih baik dihindari sebab infeksi listeria beresiko membuat ibu hamil keguguran.

Kafein
Tidak hanya ke empat makanan di atas, saat trimester pertama kehamilan Anda pun butuh batasi konsumsi cafein. Anda sah-sah saja konsumsi minuman yang memiliki kandungan cafein tetapi jangan lebih dari 300 mg dalam satu hari. Beberapa contoh kandungan makanan dan minuman yang memiliki kandungan cafein yakni satu cangkir kopi instant (60-80 mg), satu cangkir kopi saring (60-120 mg), satu cangkir teh (10-50 mg), sekaleng cola (48 mg), sekaleng minuman tambah energi (80 mg) serta sebatang cokelat susu (20 mg).Menurut satu riset yang diedarkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, mengonsumsi cafein melewati jumlahnya batas harian bisa tingkatkan efek keguguran dua kali lipat. Sesaat untuk ibu, dampaknya dapat mengakibatkan mulas serta insomnia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *