Berita Terbaru Beberapa waktu terakhir perbincangan masalah makan serangga jadi topik hangat di golongan pegiat pola hidup sehat. Beberapa restoran juga mulai masukkan jangkrik ke menu mereka. Ada yang dijadikan topping atau ada juga yang dijadikan bubuk.

Belakangan ini Eat Grub, satu supplier makanan berbasiskan serangga di UK mengeluarkan tepung dari jangkrik. Roberts Bakery menyongsong baik, dengan membuat jadi roti.

Tenang saja, tepung jangkrik ini telah tersertifikasi keamanan pangan Grade A BRC. Tiap roti memiliki kandungan sekitar 336 jangkrik yang dikeringkan, ditumbuk, dan digabung dengan tepung gandum serta biji-bijian. Selanjutnya adonan itu dipanggang jadi roti lezat dengan struktur cukup renyah di pada akhirnya.

Tekstur itu yang buat roti ini dikatakan sebagai crunchy cricket loaves. Roti ini menjadi roti berbasiskan jangkrik pertama di Inggris. Hmm, renyahnya dari jangkrik, lah ya? Dikutip Metro, roti ini diklaim punyai makin banyak protein dibanding roti standar. Selain itu, roti serangga ini sustainable.

Tidak hanya dari proteinnya, satu studi dari jurnal dalam Frontiers ungkap jika jangkrik punyai anti-oksidan lima kali tambah tinggi dibanding juice jeruk. Makan serangga, terutamanya jangkrik disebutkan baik untuk usus.

Intip Tentang Roti Berbahan Jangkrik, Mau Coba?


“Tidak hanya mempunyai keberlanjutan yang benar-benar kuat, serangga sangat lezat serta tidak bisa diacuhkan jadi bahan resep yang hebat,” kata Alison Ordonez, Head of Innovation perusahaan roti itu. “Cricket Loaf memberi customer sumber protein yang baik. Ini jadi langkah gampang untuk melatih diri dengan makanan berbasiskan serangga,” imbuhnya.

Sebetulnya, makan serangga atau yang lebih diketahui dengan entomophagy, ialah hal yang biasa kita dapatkan di dunia. Beberapa wilayah di Indonesia mengerjakannya. Tahun 2018, PBB memprediksi jika setidaknya dua miliar orang mengonsumsi lebih dari 1.900 spesies serangga yang dipakai untuk makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *