Berita Terbaru Kita sepakat sebenarnya makanan akan berasa lebih nikmat jika kita imbuhkan dengan bumbu dapur yang kaya rasa. Ditambah lagi keberadaannya yang telah akrab dalam keseharian kita sebab gampang dibeli atau diketemukan. Beberapa ilmuwan juga menemukan jika makanan khusus, termasuk beberapa bumbu serta rempah-rempah, memiliki kandungan phytochemical, yang bisa memengaruhi badan dengan biologis.

Melalui kemampuannya untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, phytochemical bisa menolong mencegah kanker. Nah, di bawah ini lima jenis bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Yang kemungkinan seringkali kamu pakai dalam sehari-hari.

Daftar Bumbu-Bumbu Dapur Yang Ampuh Menjauhi Kanker

Kunyit
Kunyit memiliki kandungan curcumin, yang memberikan bubuk kari warna kuning. Kata Amanda Bontempo, RD, CDN, seorang pakar diet onkologi rawat jalan di Montefiore Medical Center di Bronx, New York, “Curcumin salah satu anti-inflamasi terkuat yang diidentifikasi hingga hari ini.”

Bontempo menerangkan jika tumor serta kanker punya jaringan pembuluh darah yang memberikan makan mereka. Serta curcumin dapat kerja menantang pembuluh darah ini serta pada intinya dapat membuat sel kanker mati.

Triknya cukup gampang yaitu mencampurkan kunyit dengan lada hitam serta minyak zaitun yang bisa mengaktifkan kemampuan curcumin. Dengan rasa yang lembut, menyenangkan serta tentunya enak, kunyit bisa dipakai sebagai bumbu pada ayam atau serta sayuran sesuai dengan seleramu.

Bawang putih
Tidak cuma bawang putih, rupanya bawang merah, daun bawang, serta daun bawang adalah sayuran allium yang bisa menolong menahan kanker, khususnya lambung. Sayuran allium memiliki kandungan senyawa organosulfur. Organosulfar memiliki kualitas penguatan kekebalan serta anti-karsinogenik.

Tidak hanya serbaguna, bawang putih bisa dibuat dengan ditumis pada sebuah sendok makan minyak zaitun serta diberikan dengan roti gandum. Atau dipanggang dalam oven dan dihaluskan menjadi sebuah olesan. Benar-benar enak serta cocok untuk ditambah lagi ke hidangan sayuran serta daging.

Cabai rawit
Satu studi oleh beberapa periset di University of California di Los Angeles School of Medicine, temukan capsaicin (elemen aktif dari cabai) meredam perkembangan sel kanker prostat, serta berkekuatan untuk membunuhnya.

Tidak hanya melawan kanker, kenyataannya cabai rawit meningkatkan sensasi serta rasa lezat serta nikmat buat beberapa makanan. Kamu dapat membuat sajian dengan memiliki bahan fundamen cabai yang sehat serta tentu saja gampang. Seperti tempe atau ayam penyet, gado-gado atau empek-empek.

Jahe
Tidak hanya kunyit, jahe jadi salah satunya rempah penangkal kanker paling ampuh di dunia. Kenyataannya banyak dipandang selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa penyakit. Satu studi yang dikerjakan di Georgia State University, memakai ekstrak jahe utuh untuk mengutarakan jika tumor kanker prostat dapat berkurang sebesar 56 % pada tikus. Sifat-sifat anti-kanker dicatat dan kemampuan jahe untuk mengurangi peradangan serta menjadi kaya anti-oksidan.

Komponen aktif jahe ialah gingerol. Bahan ini bertanggungjawab untuk rasa khas jahe, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker usus besar serta tingkatkan apoptosis yang memiliki peranan organisme multisel untuk buang sel yang tidak dibutuhkan oleh badan pada sel kanker ovarium.

Kamu dapat menikmati jahe dengan menyeduhnya dengan air hangat. Jahe dapat juga menghangatkan badan serta menurunkan perut kembung.

Kayu manis
Sebuah studi Korea tahun 2010 menunjukkan jika ekstrak kayu manis dapat menghalangi perkembangan serta penebaran kanker dalam beberapa sel laboratorium dengan beberapa jenis kanker, limfoma, melanoma, kanker serviks serta kanker kolorektal. Tikus yang menderita melanoma atau kanker kulit dikasih kayu manis dengan oral serta hasilnya tunjukkan jika kayu manis kembali menghalangi perkembangan tumor. Tetapi yang perlu diingat jika konsumsi kayu manis dalam dosis besar dalam periode waktu yang lama tidak disarankan.

Tambahkan sedikit herbal serta rempah-rempah seperti kayu manis untuk penangkal kanker serta jadi makanan sehari-harimu. Karena Hippocrates pernah mengatakan, “Biarkan makanan menjadi obatmu.”

Tidak hanya murah serta tidak susah ditemukan keberadaannya, rupanya daftar bumbu dapur di atas benar-benar bermanfaat untuk kesehatan badan terutama sebagai pencegah kanker. Hingga kamu bisa hidup sehat secara simpel serta tentu saja mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *