Berita Terbaru Jepang populer tidak cuma dari negaranya yang maju, dan juga dari angka keinginan hidupnya yang mengagumkan. Rata-rata angka keinginan hidup masyarakat Jepang ialah 83,89 tahun, serta banyak juga yang sukses mencapai angka 100 tahun! Ini kontras dengan angka keinginan hidup masyarakat Indonesia yang cuma sampai 69,19 tahun. Tahukah kamu, apa rahasia dibalik umur panjang penduduk Jepang? Pola hidup serta pola makan seperti apa sih yang mereka terapkan? Temukan jawabannya di bawah ini!

Resep Sehat Dan Umur Panjang Dari Orang Jepang

Rajin mengonsumsi sayuran ialah kuncinya
Masakan Jepang biasanya mengandung banyak sayuran. Dengan tradisionil, masyarakat Jepang konsumsi sayuran, nasi serta ikan laut. Mereka memberikan tambahan beberapa variasi dalam makanan, seperti jamur, kedelai fermentasi sampai rumput laut.

Misalnya, sajian acar Tsukemono yang dibuat dari beberapa sayuran, seperti lobak, terong serta buah plum. Masyarakat Jepang suka juga mengonsumsi kacang edamame sebagai camilan. Sayuran lain yang banyak dikonsumsi ialah bawang, lobak, kubis, wortel, tomat, bayam, mentimun, ubi, paprika hijau sampai kentang.

Penduduk Jepang terlatih mengonsumsi teh hijau
Terlatih serta teratur konsumsi teh hijau nyatanya berimplikasi pada usia panjang masyarakat Jepang. Teh hijau ini memiliki kandungan banyak anti-oksidan yang dapat membuat kita panjang usia serta terlepas dari beberapa penyakit. Manfaat teh hijau yang lain ialah dapat menurunkan efek kanker, penyakit kardiovaskular serta penyakit degeneratif.

Jepang punya teh hijau istimewa yang disebutkan dengan matcha. Ini adalah bubuk teh hijau halus serta diminum dengan diseduh dengan air panas. Teh hijau biasa diminum saat pagi atau sore hari dan seringkali diberikan pada tamu atau saat ada jamuan khusus.

Cara memasak makanan jadi kunci
Makanan Jepang dibuat dalam beberapa macam, seperti mengukus, memanggang, memasak dengan lamban (slow cooking) serta lakukan fermentasi pada makanan. Variasi ini menjaga supaya kandungan mineral dan vitamin pada makanan masih terjaga. Sehingga, kita dapat memperoleh nutrisi utuh dari makanan itu.

Masakan Jepang kadang-kadang digoreng, sama dengan tempura atau katsu. Tetapi, masyarakat Jepang mengimbanginya dengan makan sup sayuran, acar lobak serta natto. Gabungan beberapa masakan yang tidak monoton berikut yang membuat masyarakat Jepang masih sehat serta berusia panjang.

Masakan Jepang diberikan dengan wadah yang kecil
Tidak sama dengan kita, masyarakat Jepang terlatih makan dengan bagian kecil. Mereka terlatih menyediakan segala hal ke wadah yang kecil, seperti nasi, sup, lauk atau sayuran. Mengatur bagian makanan ialah sisi dari etiket tradisionil Jepang serta sudah diajarkan sedari dini.

Ini terhitung praktik makan di piring atau mangkok kecil, tidak isi penuh piring, menyediakan tiap item makanan pada piring kecil dan tidak makan berlebihan. Di Jepang diketahui pepatah ‘hara hachi bu’ yang bermakna konsumsilah sampai kamu merasakan 80 % penuh. What a great self control!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *