Berita Terbaru Quique Setien barusan dipilih menjadi pelatih baru Barcelona. Dia didapuk untuk gantikan Ernesto Valverde yang dipecat.

Barcelona mengikat kontrak Quique Setien sampai dengan 2022. Pelatih berumur 61 tahun itu akan bertanggungjawab mengangkat performa Barcelona selama musim ini, sekaligus juga membuat pondasi permainan, suatu hal yang sempat hilang semenjak ketiadaan Pep Guardiola dan Tito Vilanova.

Buat publik sepak bola dunia, nama Quique Setien bukan figur keren. Selesai pensiun jadi pesepak bola bersama dengan Levante, dia mengawali perjalanan sebagai pelatih di klub yang menyematkannya jadi figur legenda ; Racing Santander.

Quique Setien mengawali profesi kepelatihan di tim aslinya itu pada 2001. Kemudian, dia masih bergelut di ruang Segunda Division bersama dengan Polideportivo Ejido. Quique Setien sempat lakoni satu laga bersama dengan tim nasional Equatorial Guinea dalam periode tiga bulan kepemimpinan di negara itu.

Kemudian, dia kembali pada Spanyol, serta mengawali profesi dari level bawah, yaitu mengatasi Logrones. Waktu itu, klub yang berasal dari kota Logrono itu ada di Divisi Tiga. Sayang, dia tidak cemerlang serta dikeluarkan pada pertengahan musim 2007-2008.

Akan Melatih Barcelona, Berikut Klub-Klub Yang Pernah Dilatih Quique Setien

Cemerlang di Betis
Klub ke-5 dalam karier kepelatihan Quique Setien ialah CD Lugo. Dia sempat menanamkan riwayat saat membawa tim itu ke Divisi Dua. Sayang, sesudah tiga tahun cuma konsisten di papan bawah, dia lengser.

Pada Oktober 2015, dia mengawali penjelajahan di tim yang semakin besar, yaitu Las Palmas. Ia sukses menyelamatkan klub anyarnya itu dari degradasi. Dua tahun berlalu, Real Betis menjadi tim yang mendapatkan sentuhan dari pria kelahiran Santander itu.

Bersama dengan Real Betis, nama Quique Setien melonjak. Dia membawa Real Betis ke kancah Eropa sesudah finish di urutan ke-6 klassemen akhir La Liga 2017-2018. Cemerlang bersama Joaquin dkk, namanya sempat masuk bursa pelatih Barcelona pada Januari 2019.

Sekarang, Quique Setien resmi menjadi arsitek tim Barcelona, sebuah rintangan besar bagi pelatih yang dipandang belum teruji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *