Berita Terbaru Buat kamu penggemar dunia science, tentunya kamu tidak asing dengan nama Galileo Galilei. Ia adalah ilmuwan terpenting di bagian matematika, fisika, astronomi, sampai filsafat. Pria yang lahir pada 15 Februari 1564 ini sudah menemukan banyak teori serta penemuan ilmiah baru. Beberapa yang terpopuler adalah Hukum Gerak, penyempurnaan teleskop, serta beberapa pengamatan astronomi yang terkemuka. Berikut beberapa fakta menarik tentang Galileo Galei yang perlu kamu tahu.

Seputar Tentang Galileo Galilei Yang Jarang Diketahui

Galileo adalah mahasiswa drop out dari universitasnya
Dibalik kehebatannya dalam science, nyatanya Galileo adalah mahasiswa yang terserang drop out dari universitasnya, Kampus Pisa. Sesudah lulus sekolah harus, ia mendaftarkan serta masuk di jurusan kedokteran di Kampus Pisa atas dorongan ayahnya. Waktu kuliah, ia benar-benar tertarik pada matematika.

Ia putuskan untuk meninggalkan kuliahnya pada 1585 serta memilih untuk belajar sendiri sekalian memberi les private spesial matematika. Menariknya ia kembali pada Univeristas Pisa bukan untuk belajar, tetapi mengajar mata kuliah matematika disana.

Galileo adalah seorang yang tidak senang diatur
Waktu ia menjadi profesor muda di Kampus Pisa, Galileo memiliki citra seseorang yang benar-benar keras kepala. Ini bisa disaksikan dari saat ia disuruh selalu untuk kenakan jubah resmi waktu mengajar, ia menolaknya sebab ia merasakan hal itu begitu mewah. Waktu mengajar, ia cuma memakai baju biasa yang tebal. Hal itu menyebabkan pengurangan pada gajinya.

Galileo belum pernah menikah
Seumur hidup Galileo, ia belum pernah menikah. Tetapi, bukan bermakna ia habiskan hidupnya dengan kesendirian ya. Ia benar-benar dekat sama seorang wanita namanya Marina Gamba.Jalinan mereka itu sudah membuahkan 2 anak wanita serta seorang lelaki. Anak perempuannya sendiri namanya Virginia serta Livia. Sedang anak laki-lakinya namanya Vincenzo.

Galileo lahir dari seorang musisi terkenal
Ayah dari Galileo Galei, Vincenzo Galilei, adalah musisi terkenal pada zamannya. Ia adalah musisi profesional serta guru musik di Italia. Bahkan, karyanga juga bisa di nikmati sampai sekarang, diantaranya Galilei: The Well-tempered Lute – Tones I-IV. Waktu muda, Galileo pelajari musik bersama dengan ayahnya sebelum selanjutnya ia memutuskan jadi ilmuwan.

Gereja Vatikan mengaku ada kesalahan penghukuman Galileo pada 1992
Sebab memberi dukungan teori Copernicus, Galileo ditentang oleh beberapa faksi terhitung Gereja Vatikan. Dia menulis mengenai teori itu dalam satu buku yang berjudul ‘Dialogue Concerning of Two Chief World System’ yang membuat dia terima hukuman tahanan rumah seumur hidup. Galileo Galilei pada akhirnya hembuskan nafas terakhir kalinya pada 8 Januari 1642 sebelumnya setelah mengalami kebutaan.

359 tahun sesudah Galileo diberi hukuman, Pope John Paul II membuka penyelidikan tentang masalah Galileo. Sesudah dijelajahi demikian dalam, nyatanya ada kesalahan yang sebaiknya Galileo tidak diberi hukuman. Pope sendiri membuat keinginan maaf dengan formal atas kejadian itu pada tahun 1992.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Galileo Galei. Nyatanya penemuan serta konstribusi Galileo dalam pengetahuan science memerlukan pengorbanan ya. Mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi buat kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *